Welcome to My Blog

Welcome to My Blog ^ - ^

Rabu, 11 Mei 2016

Babak baru (lagi) dalam hidup - edisi 1 bokap sakit

Tahun 2016, tahun berat bagi kami sekeluarga.

Bermula saat bokap tidak bisa kencing (BAK) di pertengahan - akhir Maret, alhasil dibawa ke UGD RS Charitas, Palembang, dan bersyukur karena RS bersedia menerima bokap di instalasi rawat inap.
Setelah di rawat 2 hari, konsul dokter Urologi, dr. Arizal Agoes, SpB, SpU, dilakukan USG yang menunjukan pembengkakan prostat.
Akhirnya bokap dijadwalkan operasi prostat pada tanggal 28 Maret 2016, sekalian dilakukan biopsi untuk pengecekan di Lab PA.
Hasil biopsi tidak menggembirakan, karena pembengkakan prostat bokap di diagnosa sudah menjadi kanker dengan Glasson Score 4+5 = 9, yang mana berarti kanker stadium di atas 2.
Hasil tersebut membuat shock kami sekeluarga, terutama bokap yang selama ini telah menjalani hidup sehat, menjaga diet makanannya.  Sungguh, ini benar-benar diluar perkiraan.

Bagi kaum Adam, sebaiknya mulailah memeriksakan diri apabila usia Anda sudah memasuki 40 tahun, biasa kalau medical check up ada tambahan item untuk pria ( yang berhubungan dengan Prostat ) dan bagi kaum wanita yang telah memasuki usia 35 tahun ( yg berhubungan dengan Papsmear dan Mamography )
Tentang Kanker Prostat silahkan  klik disini

Lanjut ke perjuangan bokap selanjutnya, ternyata....berobat di Indonesia tanah airku ini, kalau gratisan ( baca:pakai BPJS kesehatan) harus super duper sabar....

Setelah operasi, bokap masih pakai kateter karena tidak bisa BAK, dan ternyata tidak bisa BAB juga, hadeh.....sengsaranya.. Setelah ga bisa BAB 10 hari, akhirnya di injeksikan sejenis obat untuk bikin mules dan keluarlah semua feses yang dipendam 10 hari itu, sampe toilet RS nya mampet #fiuhhh

Akhirnya bokap diperbolehkan pulang, dengan kondisi "masih" belum bisa kencing (BAK), dan "mau tak mau" harus pakai kateter. Selama 3 minggu, bokap harus bolak balik ke RS untuk mengganti selang kateter, sementara karena pakai BPJS, bokap di rujuk ke RSMH ( RSU kelas A #katanya) karena kondisi penyakit bokap butuh pengobatan lanjutan yaitu pengobatan kanker.
Lagi-lagi, dicatat dan diingat-ingat yah, kalau pake BPJS kudu super duper sabar,  sebagaimana sebagian besar RSU di Indonesia, pelayanan publik yang mana jumlah pasien nya bisa ratusan sampe ribuan per hari, maka bokap harus pergi pagi pulang petang...
Day 1 berobat di RSMH
Pagi jam 6 ambil nomer antrian, dan dapet nomer 239, ckckck...udah ratusan...dan ternyata ini memang kondisi sehari-hari (baca : tiap hari antrian mengular)
Jam 9 diriku balik lagi ke RS untuk mengurus pendaftaran bokap.  Sekitar jam 11 siang, bokap dipanggil masuk untuk dimintai keterangan oleh residen, dan kemudian menunggu lagi di ruang tunggu ( no AC yah...jadi tau deh rasanya gimana ). Akhirnya dokter konsulen hadir, mulailah pemanggilan ulang pasien, sampai jam 12an, dokternya ISHOMA ( kebetulan hari Jumat, jadi dokternya Shalat Jumat ). Karena udah kelaparan, saya menyarankan bokap dan nyokap pulang dulu untuk makan ( bokap sudah mulai diet ketat, no goreng2an, no MSG, no makanan berpengawet, no fast food, hanya makan sayur dan buah, sesekali kuah sop ayam dan ikan gabus saja).
Balik ke RSMH sdh jam 2 an, dan ternyata sudah ketinggalan antrian, Dokternya sudah pergi lagi #fiuhhh  ( kasian deh), dan akhirnya kita cuma ketemu sama perawatnya yang ngasih lembaran dari Dokter untuk rujukan USG.
Maka pergilah kami ( bokap dan diriku ) ke bagian USG, dan....lagi-lagi, kudu sabar... dijadwalkan USG tanggal 19 April, wkwkwkwk..... padahal hari itu baru tanggal 8 April 2016, GILA GAK??
Kagak niat banget ini RS melayani pasien BPJS, ckckck...

Di Indonesia tercinta ini, motto nya : " KALO MISKIN, JANGAN SAKIT YA "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar